Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra Resmi, Cek Fitur AI Terbaru!

Jakarta, CNBC Indonesia – Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi varian paling premium dari trio flagship terbaru yang meluncur pada hari ini, Kamis (18/1/2024). Dilihat dari bodi-nya, HP ini masih memiliki bahasa desain yang mirip dengan Galaxy S23 keluaran tahun lalu.

Penempatan kamera dan ukurannya masih mirip, yakni 6,8 inci. Bedanya tampak dari material bodi yang kini sudah memakai titanium serupa iPhone 15 Pro dan Pro Max.

Selain itu, peningkatan lainnya tampak pada deretan fitur AI yang dibenamkan Samsung. Pabrikan Korea Selatan itu bahkan menyebut trio Galaxy S24 sebagai perangkat ‘Galaxy AI’.

Fitur Produktivitas AI

Ada beberapa fitur AI yang menunjang produktivitas pada Galaxy S24 series. Salah satunya ‘Live Translate’. Fitur ini memungkinkan penerjemahan secara real-time dan dua arah dalam format teks maupun suara.

Melalui fitur ini, pengguna bisa melakukan panggilan telepon dengan lawan bicara asing, tanpa harus kehilangan konteks dalam berkomunikasi.

Samsung Galaxy S24 Series bisa langsung menerjemahkan percakapan lawan bicara melalui tampilan split-screen pada HP atau disebut ‘Interpreter’.

Sistem AI akan langsung memberikan transkrip obrolan lawan bicara yang sudah diterjemahkan melalui split-screen. Modelnya kira-kira seperti teleprompter, yakni transkrip yang sudah diterjemahkan. Fungsi ini juga tak memerlukan koneksi internet atau WiFi.

Fitur AI lainnya pada Galaxy S24 Series adalah ‘Chat Assist’. Fungsinya untuk memperbaiki tone bicara ketika hendak mengirim pesan ke rekan kerja, atau membuat konten di media sosial.

Pengguna juga bisa menerjemahkan teks di email atau chat secara langsung ke dalam 13 bahasa melalui integrasi ‘Samsung Keyboard’.

Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, fitur ‘Android Auto’ juga bisa dimanfaatkan untuk merangkum pesan-pesan yang masuk ke smartphone saat sedang bepergian. Lantas, sistem AI juga akan memberikan saran balasan yang tepat.

Fitur penunjang produktivitas lainnya adalah ‘Note Assist’ di Samsung Notes. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk membuat ringkasan, template, dan menyederhanakan catatan penting.

Para pekerja yang biasa melakukan transkrip, misalnya jurnalis atau notulen, bisa pula menggunakan ‘Transcript Assist’. Fitur ini menggabungkan AI denagn speech-to-text. HP bisa mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara.

Samsung mengklaim hasilnya tetap akurat meski ada banyak orang yang bicara dalam satu waktu.

Untuk memudahkan pengalaman mencari informasi, Samsung bekerja sama dengan Google menghadirkan fitur ‘Circle to Search’. Saat sedang membaca atau menjajal suatu konten, pengguna bisa menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun di layar Galaxy S24 Series.

Selanjutnya, Google akan memberikan hasil pencarian yang relevan terkait hal yang ingin diketahui lebih lanjut.

Fitur Fotografi AI

Di sektor fotografi, Samsung Galaxy S24 Series memanfaatkan AI untuk meningkatkan pemrosesan gambar dan pengeditan. Pengguna bisa mengedit foto, menghapus objek, melakukan komposisi ulang, serta memoles foto (remaster) yang telah dibidik.

Ada fitur ‘Edit Suggestion’, di mana AI akan memberikan saran penyesuaian foto, sehingga hasilnya lebih apik. Ada pula fitur ‘Generative Edit’ yang memungkinkan pengguna mengisi bagian latar belakang gambar untuk mengatur ulang komposisinya.

Misalnya saat pengguna membidik gambar miring. AI akan mengisi tepi-tepiannya sehingga komposisi gambar bisa menjadi seimbang. Setiap kali Galaxy S24 menggunakan AI-generatif untuk menyempurnakan foto, akan muncul watermark pada gambar.

Galaxy S24 Ultra memiliki fitur baru ‘Quad Tele System’ dengan lensa optikal zoom 5x. Memang menurun dari yang sebelumnya 10x, namun Samung menambahkan resolusinya menjadi 50MP dari yang sebelumnya 10MP. Untuk digital zoom, kemampuan Galaxy S24 Ultra bisa sampai 100x.

Galaxy S24 Ultra juga diklaim bisa menghadirkan pengalaman fotografi malam hari yang lebih mumpuni, bahkan ketika di-zoom. Samsung menyebut fitur ini ‘Space Zoom’, yakni kemampuan pembesaran objek tanpa pecah sekalipun di kondisi cahaya minim.

Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra

Model paling premium ini dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 3 dengan embel-embel ‘for Galaxy’. Samsung mengkalim chip tersebut mampu menyokong aktivitas AI yang lebih efisien.

Pengalaman game juga ditingkatkan dari aspek hardware dan software. Samsung Galaxy S24 Ultra dibenamkan sistem vapor chamber yang lebih besar 1,9 kali, sehingga bisa mengantur suhu perangkat ketika bermain game berat dalam durasi lama.

Efek visualnya mengandalkan layar dengan tingkat kecerahan 2.600 nits, sehingga bisa diandalkan ketika menjajal ponsel di bawah matahari langsung. Samsung menyebut Corning Gorilla Armor di layar Galaxy S24 Ultra juga telah ditingkatkan dengan pengurangan refleksi hingga 75%.

Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki layar berukuran 6,8 inci yang mirip dengan generasi sebelumnya. Kamera utamanya 200MP (wide), yang ditemani dengan kamera sekunder 12MP (ultrawide), 50MP (telefoto), dan 10MP (telefoto). Kamera selfie-nya 12MP.

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra

Galaxy S24 Ultra

Layar
6,8 inci (QHD+, Dynamic AMOLED 2X Display, Super Smooth 120Hz refresh rate (1-120Hz), Vision booster)
Dimensi & Berat
79 X 162,3 X 8,6 mm; 233 g (mmWave) / 232 g (Sub6)
Kamera
12MP Ultra-Wide Camera● F2.2, FOV 120˚

200 MP Wide Camera● OIS F1.7, FOV 85˚

50MP Telephoto Camera● 5x Optical Zoom, OIS F3.4, FOV 22˚

10MP Telephoto Camera● 3x Optical Zoom, OIS F2.4, FOV 36˚

12MP Front Camera● F2.2, FOV 80˚

RAM & Penyimpanan
12GB + 1TB12 + 512GB12 + 256GB
Baterai
5.000 mAh
Pengisian Daya
Mengisi daya hingga 65% dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan Adaptor 45W dan kabel 5A USB-C
Sistem Operasi
Android 14One UI 6.1
Jaringan dan Konektivitas
5G, LTE, Wi-Fi 7, Wi-Fi Direct Bluetooth® v 5.3
Ketahanan Air
IP68
[Gambas:Video CNBC](fab/fab) 

Updated: Januari 17, 2024 — 6:20 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *