Contoh Waqaf Jaiz di Surat Alquran

BERIKUT ini contoh waqaf jaiz di surat Alquran. Waqaf merupakan salah satu hukum bacaan yang ada di ilmu tajwid atau ilmu membaca Alquran. Waqaf terbagi menjadi berbagai jenis, salah satunya waqaf jaiz. 

Dilansir buku “Alquran Hadis Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” karya Fida Abdilah dan Yusak Burhanuddin, waqaf jaiz terbagi menjadi tiga, yakni waqaf jaiz kafi, waqaf jaiz tasawi, dan waqaf jaiz hasan. 

BACA JUGA:

Namun dalam kesempatan kali ini akan diulas terkait waqaf jaiz kafi. Waqaf jaiz kafi dilambangkan dengan huruf Qaf Lam (قال). Waqaf jaiz kafi sendiri lebih dikenal dengan istilah waqaf waqfu aula.

Cara membaca waqaf waqfu aula atau waqaf jaiz kafi adalah boleh berhenti (waqaf) ataupun dilanjutkan (washal). Akan tetapi, lebih diutamakan untuk berhenti. Contoh penerapan waqaf ini banyak sekali terdapat dalam Alquran.

Nah, berikut ini 10 contoh bacaan waqaf jaiz kafi atau waqaf waqfu aula yang ada dalam surat Alquran, sebagaimana telah Okezone himpun: 

BACA JUGA:

1. Surat Al Fatihah Ayat 4

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ ۗ

Ketika membaca ayat ini, pembaca boleh langsung melanjutkan (washal) ke ayat 5. Namun, lebih diutamakan berhenti.

2. Surat Al Baqarah Ayat 7

خَتَمَ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۗ وَعَلٰٓى اَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَّلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ

Setelah membaca lafal sam’ihim, pembaca boleh untuk langsung melanjutkan hingga akhir ayat. Tapi, berhenti sejenak lebih diutamakan.

3. Surat Al Baqarah Ayat 37

فَتَلَقّٰٓى اٰدَمُ مِنْ رَّبِّهٖ كَلِمٰتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّهٗ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Usai membaca lafal ‘alaihi, pembaca boleh untuk langsung melanjutkan hingga akhir ayat. Namun berhenti sejenak lebih dan mewaqafkan menjadi ‘alaih lebih dianjurkan.

4. Surat Ali Imran Ayat 9

رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Setelah membaca lafal roibafihi, pembaca boleh untuk langsung melanjutkan hingga akhir ayat. Tapi, berhenti sejenak dan mewaqafkan menjadi roiba fiih lebih disarankan.

5. Surat An-Nisa Ayat 22

وَلَا تَنْكِحُوْا مَا نَكَحَ اٰبَاۤؤُكُمْ مِّنَ النِّسَاۤءِ اِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ ۗ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً وَّمَقْتًا ۗ وَسَاۤءَ سَبِيْلً

Dalam ayat ini terdapat dua bacaan waqaf jaiz kafi atau waqaf waqfu aula. Setiap yang membaca ayat ini diizinkan untuk terus melanjutkan hingga akhir ayat, berhenti di salah satunya, maupun berhenti di kedua waqaf tersebut. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur’an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran



Follow Berita Okezone di Google News



Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya










 

Updated: Januari 5, 2024 — 6:23 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *